Eks Menteri Nyinyir Jokowi Bagi Sertifikat, Ali Mochtar Ngabalin: Yang Pasti Karena Prabowo Subianto

Eks Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan, menangkap kesan bahwa pembagian sertifikat gratis oleh presiden seolah-olah hanya menampilkan peran presiden, padahal ada proses di dalamnya. Kantor Staf Kepresidenan menanggapi pernyataan Ferry.

"Gimana ya kalau orang baca komentarnya Ferry kayak begitu gimana caranya? Kalau ada orang yang membaca komentarnya Pak Ferry Mursyidan Baldan, yang mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang, bagaimana orang punya... he-he-he," ujar Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Senin (15/10/2018).


Sebagai eks Menteri Agraria, Ferry dipandang Ngabalin seharusnya paham mengenai mekanisme penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat. Ngabalin mengkritik keras Ferry.

"Jadi kalau ya... hari ini Ferry bertanya, karena memang pada waktu jadi menteri tidak ada yang bisa Ferry lakukan sesuatu," kata Ngabalin.

Baca ini juga:
Begini Cara Unik Mahfud MD Buktikan Tudingan Kapolri Terlibat Kasus Suap adalah Hoaks
Geram dengan Zaman Sekarang, Fahri Hamzah: Presiden 'Jokowi' Digaji untuk Dengarkan Kritik yang Pedas-pedas
Mahfud MD: Kalau Anda Bilang Jokowi PKI, Itu Adalah Black Campaign, Bisa Dipidanakan

Pemerintah memang memiliki program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Untuk program itu, di berbagai kesempatan di sejumlah daerah, Presiden Jokowi sering membagi-bagikan sendiri sertifikat gratis yang sudah jadi. Ngabalin pun heran dengan pernyataan Ferry yang mengkritik pembagian sertifikat gratis dengan meminta ada penjelasan bahwa banyak yang berperan sebelum itu dibagikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Kalau ada orang membaca pernyataan Ferry itu gimana ya, masuk akal nggak ya dia mantan menteri," ucap Ngabalin.

Ngabalin menyebut periode Jokowi adalah era yang mudah bagi masyarakat untuk memiliki sertifikat tanah gratis atas lahan yang mereka punya. Soal kritk Ferry, Ngabalin memaklumi lantaran Ferry kini berada di kubu oposisi.

Terpopuler: (Dapat Pujian dari Dunia, Fadli Zon: Pidato Jokowi Tunjukkan Sikap Pemimpin Negara yang Lemah)

"Jadi periode Pak Jokowi itu memberikan satu jalan yang mudah. Jadi kalau kemarin berbelit-belit, periode Pak Jokowi, ya alhamdulillah bisa dipermudah, gampang dan enak. Rakyat tidak dibebani dan langsung rakyat memegang surat kepemilikan atas tanah dia," tuturnya.

"Yang pasti Bung Ferry kan hari ini di oposisi, 02, toh itu saja. Apa pun pertanyaan dan apa pun komentar, udahlah. Carikan materi-materi yang bagus supaya rakyat juga kan sudah mengerti," imbuh Ngabalin.

Baca ini juga:
Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Bos IMF Acungkan Jempol untuk Indonesia di Era Jokowi, Ternyata Ini Maksudnya
Psikiater Nyatakan Ratna Sarumpaet Alami Gangguan Kejiwaan, Ternyata Ciri-cirinya Sering Kita Lihat
Sri Mulyani Menteri Terbaik Dunia, Elite PKS: Saya Ingin Beliau Buktikan Gelar Itu Layak Disandang

Ferry tidak mempersoalkan aksi presiden membagikan sertifikat gratis langsung. Namun menurutnya, dengan aksi itu seolah-olah peran semua pihak yang berperan menjadi tertutupi.

"Ya sah-sah saja, tapi ya biar nanti rakyat saja yang menilai. Memang bagusnya semua dilibatkan bahwa memang ada proses, ada peran dari kepala desa, camat, bupati atau walikota, Badan Pertanahan Nasional sendiri dan lain-lain tidak ujug-ujug dari presiden terus diserahkan. Penegasan bahwa ada proses itu penting," kata Ferry di sela-sela Deklarasi Relawan Prabowo-Sandi Kedu Raya di Kebumen, Minggu (14/10).

Detik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Pak Prabowo, Yenny Wahid Rela Mundur dari Direktur Wahid Institute Demi Menangkan Jokowi-Ma'ruf

Prabowo Sebut Ekonomi Kebodohan, Stafsus Jokowi Beberkan Fakta Kekuatan Indonesia di Era Jokowi

Bantu Jokowi Tukar Dolar Rp2 Triliun, Segini Total Kekayaan Tahir, Sederet Bisnisnya jadi Sorotan